The Amazing Sixty


Itu udah bener belum ya nulis sixty? Kalau salah, saya perbaiki nanti ya. Hahaha..

Apa sih maksud dari judul di atas?

Beberapa pekan lalu, saya ikut training komunikasi di Bandung. Training ini berlangsung selama 2 hari. Perbandingan materi dan praktek pada hari pertama sekitar 1:1. Sementara di hari kedua, hampir 80% latihan berkomunikasi. Seru? Pasti!

Cakupan materi training mulai dari perkenalan (yang sulit dilupakan), alur pemberian materi & cara menutup acara. Hal yang berbeda dari training-training komunikasi yang saya ikuti sebelumnya, di sini diajarkan Ice Melting bukan Ice Breaking. Bedanya apa? Ice Breaking biasa diisi dengan games. Coba bayangkan kalau saya harus mengisi 14 pertemuan kuliah dengan games di setiap awal pertemuan? Gempor ya cari idenya! Sementara Ice Melting cukup dengan cerita atau bahas gosip aktual. Intinya, menarik perhatian audience (tapi jangan sampai blunder loh, ngelempar gosip malah jadi ribut di kelas).

The Magic Sixty itu salah satu tips untuk membuka pertemuan. Enam puluh menit pertama yang isinya pemberitahuan acara dan tujuan serta perkenalan. Harus menarik dong.. First impression gitu loh. Hehehe..

Ketika diminta maju ke depan, saya teringat dengan Kaskus. Komunitas di Kaskus kan biasa saling menyapa dengan sebutan ‘Agan-agan’ ya. Perkenalan saya seperti ini:

Nama saya Gantina Rachmaputri. Saya biasa dipanggil Gagan. Kalau kalian nyapa saya dengan ‘Gan’, jangan lupa cendolnya ya!!

Gagal saya! Maksut hati ingin melucu, apekteh gak ada yang ngerti. Hahahaha..

Me time banget ikut training random begini (gak kenal hampir semua peserta lain lho, tapi kenal sama salah satu pematerinya sih).

Belajar!! Belajar!! Terus belajar!!

2 thoughts on “The Amazing Sixty

  1. Hening-kah ruangan pasca perkenalan diri Gantina? Ice-nya tdk jadi melt dong?😛

    Berarti mendapat pembelajaran u/ mengenali latar belakang audiens, banyolan Digital Natives ga dipahami Generation X. (Nanti kalau buat ngajar mhs, brarti lihat latar belakang daerah dsb). Teatap semangat !!

Leave a Reply

