Kontruksi Matriks L


Edisi curhat..

Saya belum posting di blog hari ini. Salah satu alasannya karena belum ada kegiatan menarik untuk diposting. Oke jadi saya pilih curhat saja tentang kegiatan hari ini untuk mengisi blog ya (kayak postingan lain bukan curhat aja, haha). Alhamdulillaah hari ini saya ngotret #behavior seharian. Yap, seharian itu maksutnya gak ada gawean kantor selain duduk manis di meja yang berantakannya tidak karuan sambil mikirin si #behavior (beruntung banget ya kamu, *eh).

Biasanya Rapih

Biasanya Rapih

Tugas saya hari ini minimal bisa membuktikan bahwa semua submodul dari F_{\infty}(z)-modul F_{\infty}(z)^m bentuknya seperti ini:

A=F_{\infty}(z)^m\cap z^{-1} L F_{\infty}(z)^m

Tahapannya:

  1. Dengan mudah, saya tunjukkan bahwa si A adalah submodul dari F_{\infty}(z)-modul F_{\infty}(z)^m.
  2. Lalu tahap sebaliknya, saya harus dapat menunjukkan sebarang submodul dari F_{\infty}(z)-modul F_{\infty}(z)^m, misalkan M, bentuknya seperti A.
  3. Okelah si submodul kan sudah pasti subhimpunan dari F_{\infty}(z)^m. Sekarang saya harus mengkonstruksi matriks L supaya M=z^{-1} L F_{\infty}(z)^m.
  4. Alhamdulillaah si F_{\infty}(z)-modul F_{\infty}(z)^m modul bebas jadi doi punya basis yang bisa dijadiin pegangan untuk mengkonstruksi L. Kotakatik-kotakatik jadilah si L karangan saya. Hore!! Hore!! Alhamdulillaah..

Masalahnya dimana? Saat saya ingin menunjukkan bahwa z^{-1} L F_{\infty}(z)^m subhimpunan dari M, harusnya sebarang elemen di z^{-1} L F_{\infty}(z)^m bisa ditulis sebagai kombinasi linier si basis yang koefisiennya di F_{\infty}(z). Eh koefisiennya mbleber ke F(z). Mewek deh..😥

Mesti diapain ya ini matriks.. *ngelamun lagi *semangat ’86!!

Sekalian cerita juga kalau Tantangan Masak 30 Hari saya GAGAL!! Selain karena ternyata manajemen waktu saya masih kacau balau, belum memperhitungkan alokasi dana, dan jam kerja saya menjadi 7-5 (kumaha deui da can beres S3-na).. Juga karena bukunya hilang!! Hahaha.. Gpp ya, biar saya belajar dari kegagalan dan bangkit menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin..

Nanti saya cari tantangan yang lebih ciamik, tentang masak atau yang lainnya. Atau ada ide?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s