Grup ODOJ(P)


Sudah pada tahu tentang ODOJ kan?

ODOJ itu singkatan dari One Day One Juz. Bukan jus buah-buahan loh.. Singkatnya, gerakan yang mengajak untuk tilawah (membaca Al Quran) 1 juz per hari. Pinternya penggagas ODOJ, sistem dibuat sangat menarik. Satu grup (biasanya WhatsApp) berisi 30 orang. Setiap orang dapat jatah tilawah 1 juz/hari. Sehingga setiap hari, grup tersebut (seakan) mengkhatamkan Al Quran. Ide yang luar biasa!! Bagi kalian yang mau bergabung, buka saja situs ODOJ ya. Panduan pendaftarannya ada di sana.

Baca-baca sih, bahkan artis saja ada yang bergabung dengan gerakan ini. Jempol banget untuk kalian! Semoga amal ini terhitung sebagai ibadah di hadapan Allah swt.

Saya yang mencoba ‘Bangkit dari Kubur (eh Futur, insyaAllah, aamiin, doakan istiqamah ya!!)’, akhirnya tertarik mendaftar ke salah satu grup ODOJ. Ternyata grup ini belum terdaftar secara terpusat. Setelah direview oleh tim pusat, grup yang saya ikuti tidak sesuai dengan kriteria pusat. Masalahnya, beberapa diantara kami sudah terbiasa tilawah lebih dari 1 juz/hari. Sehingga kami lebih nyaman jika tilawah melanjutkan bacaannya masing-masing. Syarat bacaannya saja minimal 1 juz/hari. Karena kami tidak bersepakat untuk mengikuti aturan ODOJ pusat, akhirnya saya menamakan grup ini Grup ODOJP (ODOJ Perjoeangan). Hahaha, sepihak yang ini mah ya.. Pihak saya ajah😛

Beberapa waktu setelah berjalan, kami bersepakat untuk membagi ‘khataman’ seperti ODOJ pusat sekali sepekan. ‘Khataman’ dilaksanakan pada hari Jumat. Selain ‘khataman’, kami juga membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat.

Apa yang berubah setelah saya mengikuti grup ini beberapa pekan?

Pertama, saya makin jarang menyentuh akun media sosial yang saya miliki. Sekarang lebih sering menulis di blog, seperti yang bisa kalian baca. Kedua, saya tilawah hampir di setiap perjalanan (dibonceng adik atau naik angkot ke kampus) dan kala dalam antrian (menunggu maksudnya). Semoga saja suara saya tidak terlalu indah untuk dianggap sebagai aurat (hahaha). Pokoknya sebisa mungkin 1 juz itu selesai di pagi hari. Supaya tenang..

Kalau grupnya sudah stabil, mudah-mudah bisa mulai One Day One Ayat. Go! Go! Go Hafidzah!!

Doakan ya supaya niat kami selalu lurus, hanya untuk meraih ridha Allah swt. Aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s