Jalan-jalan Keluarga ke Batukaras, Pangandaran


Diawali dari keluhan orangtua tentang sulitnya kumpul bersama keluarga, kami sekeluarga sepakat untuk jalan-jalan bersama tiap tahunnya. Kami sepakati tujuan, kosongkan jadwal masing-masing pada waktu yang telah ditentukan dan menempuh perjalanan darat menggunakan mobil. Tahun lalu kami tur ke Jogja-Solo selama 5 hari dan 4 malam. Untuk tahun ini, alhamdulillaah kami sekeluarga berakhir pekan di daerah Batu Karas akhir Nopember kemarin. Sudah pernah dengar daerah tersebut?

Pantai Batu Karas (-7.749647,108.502239) letaknya sekitar 35 km dari Pangandaran. Sepanjang perjalanan Pangandaran ke Batukaras, kita dapat menemukan beberapa objek wisata yaitu Green Canyon (atau Cukang Taneuh, -7.734828,108.456411), Sungai Citumang, Pantai Batuhiu dan Pantai Batukaras (-7.749769,108.502194). Kami memang hanya sempat ke Green Canyon dan Pantai Batukaras, tapi itu sangat cukup untuk menyegarkan kepenatan karena kegiatan sehari-hari. Cantik banget deh!!

Gerbang Masuk Green Canyon/Cukang Taneuh

Gerbang Masuk Green Canyon/Cukang Taneuh

Foto di atas adalah gerbang masuk ke objek wisata Cukang Taneuh atau biasa dikenal dengan sebutan Green Canyon. Dengan membayar Rp.125,000,-, kita dapat menikmati perjalanan menggunakan perahu menyusuri sungai selama 45 menit. Di akhir perjalanan perahu, kami melanjutkan dengan berenang melawan arus sungai. Tentunya dengan menggunakan pelampung yang aman. Sangat menegangkan lho perjalanannya!🙂

Dermaga Pemberangkatan Perahu

Dermaga Pemberangkatan Perahu

Green Canyon (Cukang Taneuh)

Green Canyon (Cukang Taneuh)

Setelah berenang beberapa puluh meter, saya dan adik-adik akan mencoba meloncat dari batu setinggi kira-kira 6 meter. Alhamdulillaah semuanya loncat, karena jalan turun kembali lebih sulit daripada loncat ke sungai. Tapii.. insyaallaah, saya tidak akan melakukannya untuk yang kedua kali. Atut :””(

Memanjat Dinding Batu

Memanjat Dinding Batu

Batu di Green Canyon

Batu di Green Canyon

Body Rafting di Bawah Air Terjun

Body Rafting di Bawah Air Terjun

Kami kembali ke perahu dengan melakukan Body Rafting (menyusuri sungai dengan mode pasrah dan melewati air terjun). Setelah itu, kami sekeluarga diantar Mas Ridwan ke homestay. Saya menemukan homestay ini di internet lho. Tempatnya bersih dan dapurnya lengkap (alat masak, alat makan, ricecooker, dispenser dan kulkas).

Home Stay

Home Stay

Setelah makan dengan kenyang dan istirahat, kami main di Pantai Batukaras. Pantainya bersih sekali, pedagang di sana sopan-sopan, sekitar 100 meter dari bibir pantai masih dapat berenang dengan aman karena dasar pantai pasir (bukan karang) dan ombaknya cukup tinggi (cocok untuk surfing).

Pantai Batukaras

Pantai Batukaras

Shubuh di Batukaras (1)

Shubuh di Batukaras (1)

Shubuh di Batukaras (2)

Shubuh di Batukaras (2)

Beragam permainan pantai tersedia di sana dengan harga yang dapat ditawar (hehe). Selain itu, kita juga bisa snorkling-snorklingan di sebelah timur pantai Batukaras.

Snorkling (1)

Snorkling (1)

Snorkling (2)

Snorkling (2)

Liburan yang pendek dan seru!! Tahun depan kemana lagi ya kita??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s