Olympus Has Fallen dan White House Down


Olympus Has Fallen dan White House Down dirilis di tahun yang sama, 2013. Kelahiran kedua film itu hanya terpisah sekitar 3 bulan, Olympus Has Fallen di bulan Maret sedangkan White House Down di bulan Juni. Mereka memang tampak kembar!! Judul, cerita dan drama yang disajikan terlalu mirip untuk diacuhkan. Tapi bagi yang sudah menonton, tentu ada hal berbeda yang bisa diceritakan. Seperti tulisan ini dong..🙂

Olympus Has Fallen

Film ini dibuka dengan scene penuh drama. Mike Banning (Gerard Butler) yang menjadi anggota dinas rahasia dan teman dekat keluarga presiden Benjamin Asher (Aaron Eckhart) tidak mampu menyelamatkan istri presiden dalam suatu kecelakaan mobil. Ia dipindahtugaskan karena membuat presiden selalu mengingat kejadian itu.

Suatu hari, Gedung Putih diserang oleh teroris. Presiden dan stafnya disandera oleh mereka. Cerita selanjutnya yaitu usaha seru penyelamatan sandera oleh Mike Banning. Termasuk anak presiden, Connor Asher (Finley Jacobsen), yang bersembunyi dibalik dinding kamar.

White House Down

Inti cerita film White House Down adalah usaha pembalasan dendam Martin Walker (James Woods) atas kematian anaknya (Kevin) saat ditugaskan ke Iran. Walker yang menjadi kepala dinas rahasia presiden menyewa beberapa penjahat untuk melumpuhkan Gedung Putih dan menyandera staf dan sekelompok warga yang sedang tur. John Cale (Channing Tatum) dan anaknya, Emily (Joey King), termasuk dalam daftar sandera. John Cale terpisah dari Emily. Ia berusaha menyelamatkan anaknya dan presiden James Sawyer (Jamie Foxx).

Opini Pribadi

Mirip sekali kan cerita keduanya??

Saya lebih suka White House Down daripada Olympus Has Fallen. Alasannya? Karena selain tegang penuh aksi, film ini menyajikan humor segar. Berkali-kali saya tertawa karena kelakuan presiden Sawyer. Ya, bayangkan sosok presiden dibuat humoris seperti itu?? Walaupun ada sih beberapa hal yang tidak saya pahami (terasa mengganggu jadinya, hehe). Contohnya Emil Stenz (Jason Clarke) penjahat yang terlalu emosional, Skip Tyler (Jimmi Simpson) yang ditugasi nge-hack sistem keamanan dengan kelakuan kekanak-kanakan dan mati karena bom buatan sendiri (halo??) dan (IMHO) Channing Tatum terlalu imut untuk jadi ayah dari anak segede Emily (hahaha!!).

Sementara Olympus Has Fallen termasuk film serius. Awal film sudah dikemas drama yang menyesakkan dada, alurnya rapih dan apik, aksi penyelamatan yang heboh (film aksi selalu begini), tokoh presidennya sangat berbeda dengan White House Down (yang ini serius & jago beladiri) dan diakhiri dengan scene heroik (Mike Banning dan presiden Asher keluar dari Gedung Putih yang sudah hancur).

Kejutan di akhir film? Tebak siapa penjahat sesungguhnya??😛

Good movies!!🙂

4 thoughts on “Olympus Has Fallen dan White House Down

  1. saya lebih suka “olympus has fallen”. karena ceritanya yang lebih serius dan lebih terlihat nyata. tapi ke dua filnya tetep oke.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s