Kelas SP #MatVek


Semester pendek ini saya menjadi tutor kelas Matriks dan Ruang Vektor (#MatVek). Peserta kelasnya gabungan beberapa jurusan dengan jumlah lebih dari 55 orang. Saya belum tahu detailnya karena daftar peserta kelas belum muncul di web Akademik ITB (hanya bisa diakses dari kampus).

Dosen yang bertanggung jawab terhadap kelas ini pak Barra dan bu Intan. Mereka membagi jadwal mengajar berdua. Pak Barra di awal sampai pertengahan semester, bu Intan mengajar materi yang tersisa. Tugas saya? Saya menemani mahasiswa belajar di kelas. Hehehe..

Kelas diselenggarakan 2 kali dalam sepekan, hari Senin dan Rabu pagi. Bobot kuliah ini 3 SKS per pertemuan dengan pembagian 2 SKS untuk (review) materi dan 1 SKS untuk tutorial. Saya bisa saja datang ketika jam tutor, namun saya memilih sit-in di kelas. Keuntungannya, saya bisa paham keberjalanan kelas seperti apa dan mempelajari teknik mengajar dosen ybs.

Di pertemuan kedua, pak Barra bercerita lelucon matematikawan sbb:

Seorang matematikawan berada di dalam ruangan dengan panci berisi air, meja dan kompor gas. Semua barang tersebut terletak di atas lantai. Matematikawan tersebut diberi tugas memasak air. Apa yang ia lakukan? Jelas meletakkan panci berisi air ke atas kompor gas, lalu memasaknya.

Kemudian, matematikawan tersebut masuk ke ruangan dengan kondisi serupa. Namun, panci berisi air terletak di atas meja sekarang. Jika ia diberi tugas yang sama, apa yang akan dilakukannya?

Apa coba..?

Ia hanya meletakkan panci berisi air ke lantai.

Mau tau kenapa?? Ini bagian lucunya lho, hahaha!!

Semoga kelas #MatVek berjalan lancar, semua mahasiswa lulus dengan nilai yang cukup, saya bisa membantu mereka dengan optimal dan mempelajari banyak hal. Aamiin🙂

2 thoughts on “Kelas SP #MatVek

Leave a Reply

