Penelitian dan Seminar Kemajuan


Biasa disingkat dengan PdSK.

Kuliah S3, menurut saya merupakan tahapan paling menakjubkan dari capaian akademik seseorang. Komentar ini diyakini setelah menjalaninya dan memang belum ada S4 kecuali Samsung Galaxy terbaru. Jadi, ini hanya pendapat pribadi ya.. Kalau mau berbeda, ya monggo..😀

Berdasarkan kurikulum 2008, kami harus melalui 3 (tiga) tahap. Pertama, tahap Kualifikasi yang harus melalui ujian dan persetujuan KPPS (semacam tim penilai kelayakan yang saya lupa singkatannya apa) terhadap proposal penelitian yang dikaji. Kedua, tahap Penelitian dengan output tertentu setiap semesternya dan pelaporan hasil pada acara PdSK. Terakhir, tahap Disertasi. Dari mulai menulis buku disertasi sampai sidang terbuka. Alhamdulillaah, jadi dokter deh.. Eh typo, doktor maksud ane😛

PdSK selalu menegangkan, bukan hanya untuk pemula, bagi saya pun begitu. Bagi orang lain bisa berbeda ya.. Kalau melihat buku catatan penelitian, hasil penelitian semester ini lumayan banyak. Sayangnya output penelitian untuk syarat lulus PdSK belum ada. Huhu cerobohnya saya😦

Diperparah dengan terlambatnya saya mempersiapkan slide presentasi. Slide-nya pakai LaTex dong, jadi lumayan ribet membuatnya. Masa ujian 3 (tiga) hari, slide baru saya kirim via e-mail ke seluruh pembimbing di hari pertama ujian. Keren kan?? Jelas membuat saya dipanggil di hari kedua dan bimbingan berkali-kali. Tetap tenang, karena hanya dengan begitu saya bisa tetap tenang (kata PidiBaiq). Oia saya kebagian presentasi di hari ketiga, masih ada waktu untuk mempersiapkan presentasi.

Tips terpenting di PdSK kali ini, saya harus cerdik memilih bahan presentasi. Tidak perlu apa adanya banget sehingga semua dipresentasikan. Persiapkan materi yang benar-benar dikuasai sehingga kualitas presentasi prima dan presenter terlihat menguasai keadaan. Halah, kira-kira begitu ya😀

Alhamdulillaah, presentasi pada PdSK semester ini berjalan (cukup) lancar🙂

Leave a Reply

