Etos Basic Training


Telah banyak yang terjadi semenjak saya bergabung dengan keluarga besar Beastudi Etos. Kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai pembinaan Etos di Bandung. Kami (manajemen Beastudi Etos wilayah Bandung) membagi pembinaan menjadi pembinaan semester ganjil, semester genap, dan Ramadhan. Kami selalu memperbaiki sistemnya setiap semester. Perbaikannya berdasarkan masukan dari manajemen, adik-adik etoser, manajemen pusat dan wilayah lain. Rasanya sistem tidak akan pernah sempurna, ada saja perbaikan yang perlu kami lakukan. Walaupun begitu, semoga gradien-nya positif.

Semester ini kami awali tidak seperti semester sebelumnya, kami menghilangkan diskusi mengenai pembinaan bersama adik-adik. Biasanya, ketuk palu dilakukan sepekan setelah presentasi agenda dan peraturan pembinaan. Semester ini sangat pendek, itu saja alasannya. Karena hal yang sama, kami membuat Etos Basic Training. Anak Salman pasti langsung teringat Salman Basic Training. Tidak semewah SBT tentunya, kompetensi kami dalam menyusun kurikulum masih jauh dari ‘ada’.

Materi Etos Basic Training membahas Etos secara kelembagaan, konsep diri, wawasan ke-Indonesia-an, dan beberapa jenis fiqh. Tidak setiap materi dihadiri oleh semua etoser. Misalnya materi Konsep Diri, itu hanya untuk etoser 2012. Sementara materi fiqh dibagi menjadi 2 kelas, sesuai kejaran kompetensi masing-masing angkatan.

Wawasan Ke-Indonesia-an

Wawasan Ke-Indonesia-an

Mimpi kami, suatu saat ada EBT nasional yang materi dan flow-nya cantik! Penyelenggaraannya cukup regional saja, misal manajemen Etos wilayah Bandung, Bogor dan Jakarta menyelenggarakan EBT bersama. Kapan ya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s