Takut dan Sedih


Seorang ibu memiliki suami dan empat orang anak. Suami dan keempat anaknya mengalami lumpuh. Apakah ibu itu sedih menghadapi hidupnya? Apakah ibu itu marah menghadapi hidupnya? Tidak, ibu itu tetap bahagia menjalani hidupnya..

Berbeda lagi dengan seorang kaya yang selalu merasa tidak cukup dengan kepemilikan hartanya. Melihat tetangganya membeli mobil baru, dia iri dan gerah merasa tersaingi. Ketika ada orang lain memenangkan proyek miliaran rupiah, dia sangat kesal dan berharap dirinya yang mendapat proyek itu. Wah, hidup terasa sangat sempit..

Kedua orang itu menghadapi kehidupan dengan berbeda; menghadapi ketakutan/kekhawatiran dan kesedihan dengan cara yang berbeda. Bagaimana Al Quran mengisyaratkan takut dan sedih? Berikut beberapa kutipan ayat tentang kedua hal itu..

      Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya

tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati

    .“ (QS Al-Baqarah:38)
      “(Tidak demikian) bahkan barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan

tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati

    .” (QS Al-Baqarah:112)
      “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka.

Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati

    .” (QS Al-Baqarah:262)

Perhatikan bahwa kata ‘takut/khawatir’ dalam beberapa ayat di atas menggunakan kata sifat. Sementara kata ‘sedih’ menggunakan kata kerja.

Berarti, takut/khawatir itu memang sifat dasar manusia. Saat menghadapi masalah atau tantangan, secara alami rasa takut/khawatir itu muncul. Tetapi, kesedihan.. Menjadi sebuah opsi untuk dipilih..

Wallahua’lam

Curhat-curhit di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s