Seminar Kelompok Keahlian Aljabar


Setiap Rabu sore, Kelompok Keahlian (KK) Aljabar mengadakan seminar. Seminar ini diadakan untuk reportase penelitian mahasiswa S3 dan asisten akademik. Materinya bergantung penelitian masing-masing. Terbuka untuk umum sebenarnya, tapi sejauh ini dihadiri oleh ‘orang-orang’ aljabar saja (dalam dan luar institusi).

Pekan lalu, aku tidak menghadiri seminar. Radang tenggorokanku sudah membaik sebenarnya, tapi jatah libur dari dokter sayang juga kalau dilewatkan begitu saja. *kan jelas alasannya, heu.. Faisal yang presentasi pekan lalu, tentang hasil tesisnya pada S2 lalu. Jadi mudah mungkin untuknya, *mungkin..🙂

Pekan ini, giliran teh Erma yang presentasi. Materinya tentang dedekin domain. Kira-kira berikut sari materinya:

Misalkan R daerah integral, R disebut dedekin domain jika R tertutup secara integral, R noether, dan semua ideal di R maksimal.

Dijelaskan juga definisi tentang R yang G-dedekin domain. Syaratnya lebih ‘lemah’ dari dedekin domain.

Telah dibuktikan bahwa jika R dedekin domain maka R[x] G-dedekin domain.

*R[x] itu polinom berderajat hingga dalam variabel x yang koefisiennya elemen R.

Ternyata teh Erma ingin mengetahui syarat cukup agar jika R[x] G-dedekin domain maka R dedekin domain atau R G-dedekin domain.

Wah, materi yang menarik!! Aku kagum melihat teh Erma yang walaupun terlalu ‘ngebut’ menjelaskan tapi improvisasi dalam menjawab pertanyaan baik. Kalau aku, bisa muncul suara ‘tu-la-lit’ lho!! *yang kek nelpon gd sinyal itu..😛

Seharusnya pekan depan giliranku, tapi bu Intan mengadakan rapat CIMPA. Jadi, kami libur seminar. Namun, kami tetap kumpul untuk rapat. CIMPA itu workshop internasional bidang aljabar, semacam summer school di luar negeri.

Horey.. Horey..

Alhamdulillaah, waktu untuk persiapan presentasinya bertambah. Aku sudah mempersiapkan materi, sampai ke bagian homomorfisma modul. Nah, setelah itu masuk ke behaviour theory. Sama sekali belum mudeng uy..

Semangat!! Semangat!!

*menyemangati diri sendiri agar lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s