Langkah-langkah Pembuatan SKCK


SKCK itu, teman-teman, bukan Surat Keterangan Cari Kerja. Dasar tukang tipu, paraaahhhh.. SKCK itu singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Itu padahal ditulis di surat pengumuman, tapi sempat-sempatnya salah..

“Makanya dibaca dong, Neng Gagan..!!” kata Ratri.

Demi mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini, atas permintaan orangtua, aku memproses si SKCK. Aku bagi pengalaman pembuatannya ya..

  1. Surat Keterangan Serbaguna dari RT&RW (dari jauh hari ya, khawatir lagi pada pelesir keluar kota), lalu minta tanda-tangan pihak Kelurahan (cek jam kerja, pagi lebih baik). Syaratnya hanya fotokopi Kartu Keluarga. Biaya se-ridho-nya (criing, Rp.15.000,00)
  2. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari pihak Kecamatan. Syaratnya membawa Surat Keterangan Serbaguna yang sudah ditandatangani pihak Kelurahan, fotokopi Kartu Keluarga, dan 2 lembar pas photo 3×4. Biaya se-ridho-nya (criing, Rp.10.000,00)
  3. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari pihak Polsek dengan syarat Surat Keterangan Kelakuan Baik yang sudah ditandatangani pihak Kecamatan, fotokopi Kartu Keluarga, dan 2 lembar pas photo 3×4. Biaya Rp.10.000,00 (tertulis dengan jelas)
  4. Kartu Sidik Jari Polres bagian Identifikasi (cek jam kerja, pagi lebih baik). Syaratnya Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Polsek dan 1 lembar pas photo 4×6. Biaya se-ridho-nya (criing, Rp.5.000,00)
  5. SKCK Polres bagian Intel (daftarnya pagi lebih baik & butuh waktu sehari untuk ambil SKCK, pas ambil juga diminta biaya se-ridho-nya). Syaratnya Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Polsek yang sudah dicap telah membuat Kartu Sidik Jari, pas photo berwarna 4×6 (2 lembar), dan pas photo berwarna 2×3 (1 lembar). Biaya Rp.10.000,00 ditambah se-ridho-nya (Rp.5.000,00)

Semoga Sukses =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s