Kejujuran


Heran deh, kenapa aliran dana dari Bank Century susah banget dibuka… Padahal kan, data pasti gak akan kemana-mana (kecuali data miningnya gak beres, heuheu). Belum lagi kasusnya Pak Antasari Azhar yang sekarang lagi naik banding setelah putusan 18 tahun penjara. Keterbukaan demi keadilan udah gak ada lagi kali ya?? Mungkin ini salah satu hikmah dibangkitkannya kembali manusia nanti (karena ukuran adil manusia berbeda dengan timbangan Allah swt.).  Poin penting dari beberapa permasalahan di atas adalah kejujuran, yuk kita lihat pembahasannya di bawah^^

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, dari Rasulullah  saw., bahwa beliau bersabda, “Hendaklah kalian berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran menghantarkan kepada kebaikan,dan sesungguhnya kebaikan menghantarkan kepada surga, dan apabila seseorang senantiasa berlaku jujur niscaya ia di tulis di sisi Allah Ta’ala sebagai seorang yang jujur, dan janganlah kalian berdusta karena sesungguhnya dusta menghantarkan kepada kejelekan, dan sesungguhnya kejelekan menghantarkan kepada neraka, dan apabila seseorang senantiasa berlaku dusta niscaya ia di tulis di sisi Allah Ta’ala sebagai seorang pendusta.” (Muttafaqun ‘alaih).

 

Definisi sidqun secara bahasa adalah jujur atau benar sedangkan menurut istilah kesesuaian antara perkataan dan kenyataan atau perbuatan dan isi hati. Kejujuran dapat dimaknai keikhlasan dalam beribadah dan mengikhlasan dari menggantungkan diri pada Allah. Kejujuran sendiri adalah akar dari keberhasilan dunia dan akhirat. Jujur perintah wajib dari Allah karena akan memudahkan kebaikan. Sementara kebohongan hanya diperbolehkan pada peperangan, ketika tertindas dalam hal agama, dan meleraikan pertikaian. Penghuni surga yang memiliki kehormatan di sisi Allah adalah nabi, orang-orang jujur, dan syuhada/shalihin.

Fakta-fakta mengenai kejujuran:

  1. Nabi Ibrahim as. hanya tiga kali berbohong dalam hidupnya; dua kali terkait sesembahan orang-orang kafir (waktu ditanya siapa yang menghancurkan patung mereka) sementara yang ketiga berbohong pada Siti Sarah saat dirinya cemburu pada Siti Hajar.
  2. Rasulullah saw. adalah orang yang terjujur sedunia (bahkan dalam canda).
  3. Abu Bakar adalah yang terjujur setelah nabi Muhammad saw.

Kata Mutiara mengenai kejujuran dari ibunda Abdur Qadir Jaelani, ‘Belajarlah jujur pada manusia agar diberi kemudahan untuk jujur pada Allah swt.’

Semoga Allah memudahkan lisan ini untuik menyampaikan kebenaran, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s