Tygan’s Kitchen 19 Maret 2009


Sapi Lada Hitam

Bahan:
1 siung bawang bombay (belah empat, potong kasar)
1 siung bawang putih (cincang kasar)
300 gr daging sapi has dalam (iris tipis)
100 ml air putih
2 sdm lada hitam (sangrai, gerus kasar)
2 sdm saos tiram
2 sdm minyak wijen
1/2 bh paprika merah (potong tipis)
1/2 bh paprika hijau (potong tipis)

Cara Membuat:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan irisan tipis daging, tumis hingga berubah warna.
3. Tambahkan air putih, masak hingga daging empuk dan air habis.
4. Masukkan lada hitam, minyak wijen, dan saos tiram.
5. Hidangkan setelah bumbu tercampur rata.

Bendahara Asrama ngasih uang Rp.53.000,00 malam sebelumnya dengan alokasi Rp.30.000,00 untuk masak spesial dan Rp.23.000,00 untuk beli 2 liter minyak. Partner belanja malah menghabiskan seluruh anggaran untuk belanja, heuheu miskom pisan ini mah =P Ya iyalah, ternyata beli daging 1/2 kg aja udah ngabisin jatah belanja spesial.. Karena gak punya minyak wijen di asrama dan nyari-nyari paprika (dua kali bolak balik pasar) gak ketemu, kami gak pake. Untuk menambah warna (lada hitam jadi hitam doang kan?), kami menambahkan potongan cabe merah dalam ukuran besar. Tambah cantik lah ya =)

Tips untuk yang ingin mencoba:
1. Ikuti pedoman memasak (resep) dengan benar, sapi lada hitam kami benar-benar ‘menghangatkan’ tenggorokan karena usil menambah banyak lada hitam.
2. Irisan dagingnya boleh lebar-lebar ko, biar lada hitamnya terlihat nempel-nempel (tampak sesuai selera aja).
3. Masaknya sambil shaum, tambah bahagia saat berbuka =D

Alhamdulillah, rasanya cihuy (a.k.a memuaskan). So, sang Bendahara gak complain perihal over budget yang kami perbuat.

Kangkung Bumbu Rujak

Bahan:
2 ikat kangkung, disiangi
1 ons jamur kancing, iris kecil
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
4 bh cabe rawit
6 btg cabe keriting
1 bks terasi (bungkus kecil, sekitar satu buku jari)
1 bh tomat
garam dan gula merah secukupnya

Cara Membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, terasi, gula merah, dan tomat.
2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
3. Tambahkan garam sesuai selera.
4. Masukkan kangkung dan jamur.
5. Masak hingga layu, angkat.

Jadi inget waktu tinggal di Jakarta, “Bang, rujak kangkungnya 2 bungkus!!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s