Bergerak atau Tergantikan?


Akhawatifillah..
Butuhkah pundak ini disandarkan pada sebatang kayu? Butuhkah pikiran lelah ini dibagi pada saudara seperjuangan? Butuhkah kaki ini beristirahat sejenak? Tahulah langkah panjang membuat kaki lelah dalam perjalanan. Tahulah pergerakan taktis melemparkan kita pada kerutinan yang membosankan. Tak terkira sederas apa peluh yang temani perjuangan kebenaran, berapa materi yang ditukar dengan janji Allah, dan waktu-waktu yang disisihkan di pelataran masjid untuk koordinasi. Berhentilah sejenak di tengah kelelahan karena kita memang butuh istirahat. Menyusun kembali puzzle-puzzle perjuangan untuk manuver da’wah yang lebih kokoh. Pengorbanan antunna, ya akhawatifillah.. cukuplah Allah swt. yang akan membalasnya..

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya. Niscya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surg yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surg Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS 61:10-12)

Akhawatifillah..
Allah swt. telah memilih kita untuk berada dalam barisan-Nya. Penuh kesadaran menjadi pasukan-Nya dalam meninggikan kalimat Allah swr., menyebar syariat Islam, dan memberantas kebatilan. Barisan dengan profil individu yang didasari kekuatan cinta dalam bergerak, bersatu membentuk jamaah solid. Saling memahami bahwa hati-hati mereka telah terpaut atas nama cinta karena Allah dan dalam kesatuan akidah yang lurus. Seperti barisan yang digambarkan Allah dalam Ash-shaf ayat 4, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh.”.

Akhawatifillah..
Layakkah kita menjadi batu bata penyusun peradaban yang dijanjikan cinta Allah swt.? Hanya pada Allah-lah kita berharap, bahwa perjuangan ini memang bernilai ibadah dihadapan-Nya. Semoga niat lurus dan keikhlasan mendampingi setiap langkah perjuangan sehingga berbuah istislam, bebas dari perbuatan buruk dan keji, ikhlas menjadikan amalan dunia sebagai ibadah yang berpahala, keluangan, cinta manusia, cinta Allah, serta kemenangan dunia dan pahala besar di akhirat.

Akhawatifillah..
Jangan biarkan amal kita seperti buih di lautan. Setiap kita mengira telah berbuat untuk hari akhir padahal tak sedikitpun berarti ibadah bagi-Nya. Seperti dalam Al-Kahfi ayat 103-104, “Katakanlah, ‘Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tenang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka mereka berbuat sebaik-baiknya.’”.

Konsistenlah dalam narasi besar pilihan kita karena tidak ada jaminan kita akan terbebas dari azab Allah swt.. Berhentilah mengeluhkan jauhnya perjalanan, tak perlu berputus asa dihadapan rintangan dan ancaman, tegarlah saat datang cobaan dari-Nya, dan berjiwa besarlah menghadapi kritikan dan teguran. Kita tidak pernah tahu apakah Allah swt. memilih kita untuk istiqamah di jalan-Nya dengan penuh kecintaan atau sedang mempersiapkan kaum pengganti.

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa diantara kamu ada yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS 5:54)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s